Microsoft menandai ‘tonggak penting’ untuk komputasi kuantum

Microsoft telah mengungkapkan bahwa platform komputasi kuantum berbasis cloud pada komputer terbaru, Azure Quantum, kini tersedia dalam pratinjau publik.

Perusahaan telah menggambarkan langkah tersebut sebagai “tonggak penting”, yang memungkinkan pengembang dan peneliti untuk memanfaatkan peluang yang diberikan oleh akses ke sumber daya kuantum, tetapi melalui perangkat yang sudah dikenal.

Menurut posting blog Microsoft , Azure Quantum memberi pengguna akses ke layanan dari berbagai mitra industri kuantum, termasuk Honeywell, IonQ, Quantum Circuits, dan lainnya.

Platform ini beroperasi dengan model pay-as-you-go dan dapat ditingkatkan atau diturunkan sesuai dengan kebutuhan penggunaan. Sesuai halaman harga , Azure Quantum dapat diambil sampelnya hanya dengan £ 7,45 / jam komputasi (sekitar $ 10,30 / jam), meskipun beban kerja yang lebih kompleks jauh lebih mahal.

“Transisi ke pratinjau publik Azure Quantum adalah tonggak penting untuk komputasi kuantum dan ekosistem kami,” tulis Krysta Svore, GM di Microsoft Quantum.

“Pelanggan yang menggunakan Azure Quantum telah mendemonstrasikan cara yang berharga untuk membangun solusi untuk masalah yang kompleks. Dari pengoptimalan logistik dan pengangkutan hingga solusi manajemen risiko dan memerangi kanker, kami melihat penerapan solusi Azure Quantum di dunia nyata saat ini. ”

 

Terobosan komputasi kuantum

Langkah untuk mendorong Azure Quantum ke dalam pratinjau publik mengikuti terobosan teknologi , yang berasal dari kemitraan antara Microsoft dan University of Sydney.

Para kolaborator telah merancang chip kontrol baru, bernama Gooseberry, yang memungkinkan sejumlah besar qubit (bit kuantum) dikontrol secara efektif dalam kondisi ekstrem yang diperlukan agar efek kuantum berlangsung.

Sementara itu, inti “cryo-compute” yang dibenamkan dalam helium cair, menjalankan fungsi komputasi pada komputer terbaru yang diperlukan untuk mengirimkan perintah ke Gooseberry.

“Terlepas dari potensi kekuatan komputasi qubit yang tak tertandingi, mereka memiliki kelemahan: ketidakstabilan yang hebat. Karena status kuantum mudah terganggu oleh lingkungan, para peneliti harus berusaha keras untuk melindunginya, ”jelas entri blog Microsoft .

“Teknologi komputasi klasik baru ini memecahkan mimpi buruk I / O yang terkait dengan pengendalian ribuan qubit.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *