Kelebihan Mobil dengan Mesin Common Rail

Mesin dengan bahan bakar diesel dikabarkan merupakan tipe mesin yang cenderung ramah konsumsi bahan bakar. Tipe mesin ini cenderung menghemat konsumsi bahan bakar karena sistem mesin di dalamnya yang bisa menghemat bahan bakar namun tenaga yang dihasilkan sangat kuat. Hal ini menyebabkan mobil diesel cenderung layak dipertimbangkan untuk digunakan saat ini. Sebab, dibandingkan dengan mesin bensin, tentu saja mesin diesel lebih nyaman digunakan saat ini.

Kebanyakan kini mesin dengan tipe diesel menggunakan mesin jenis common rail. Mesin dengan jenis ini bisa menyalurkan bahan bakar sesuai kebutuhan dengan tepat dan diwaktu yang sesuai. Ketepatan waktu masuk bahan bakar dan jumlah bahan bakar yang dialirkan mampu mendukung konsumsi bahan bakar yang lebih ramah. Selain itu, jumlah bahan bakar yang sesuai takaran pengalirannya dengan kebutuhan bisa mendukung dan menjaga konsumsi bahan bakar efisien, tidak terbuang percuma.

Mesin common rail banyak dipasangkan pada jenis kendaraan kelas menengah Toyota seperti Innova dan Fortuner. Permasalahan mesin diesel yang bising, mudah bergetar dan juga konsumsi bahan bakar yang boros pada Innova dan Fortuner sendiri memberikan ketidaknyamanan kegiatan berkendara. Tentu saja dengan mengganti mesin Innova dan Fortuner menjadi common rail versi injeksi, kegiatan berkendara akan lebih nyaman.

Mesin common rail bergantung kepada komponen EDC dan seragam komponen lainnya dalam menjalankan tugasnya. Jenis mesin common rail pada Innova dan Fortuner memiliki beberapa keuntungan penggunaan dan sangat berimbas pada kenyamanan serta efektivitas berkendara. Apa saja sih keuntungan dari penggunaan mesin common rail pada Innova dan Fortuner ?

  •         Tingkat emisi yang rendah

Keuntungan menggunakan mesin common rail pada Innova dan Fortuner sendiri adalah mampu menghasilkan emisi yang lebih rendah. Proses pembakaran bahan bakar dalam menghasilkan energi dalam mesin kendaraan sendiri bisa menurunkan tingkat produksi emisi oleh kendaraan. Sebab, pembakaran yang dilakukan optimal dan juga bahan bakar yang digunakan disalurkan tepat guna sehingga tidak ada yang terbuang sia – sia. Dengan konsumsi bahan bakar rendah maka emisi yang dihasilkan cenderung rendah juga.

  •         Menghasilkan tenaga yang lebih kuat

Keuntungan kendaraan menggunakan tipe mesin common rail seperti Toyota Innova dan Fortuner adalah mampu menghadirkan tarikan yang lebih kuat dan powerfull. Tipe mesin common rail bisa melakukan pembakaran lebih efisien dibandingkan dengan mesin diesel pada umumnya. Dalam proses pembakaran yang efisien tersebut, mesin common rail akan menggunakan tekanan tinggi yang akan menyalurkan energi pada kendaraan yang semakin besar namun konsumsi bahan bakarnya rendah.

  •         Suara mesin sudah halus dan tidak bergetar

Berbeda dengan mesin injeksi diesel yang lama, mesin common rail sudah mampu menghasilkan suara mesin yang halus. Jenis mesin ini sendiri mampu memberikan kenyamanan dan tidak mengganggu selama berkendara. Terlebih, kendaraan juga sudah tidak bergetar dengan hebat saat dinaiki dan digunakan perjalanan dimana hal ini sangat membantu kegiatan berkendara dengan aman serta nyaman. Jenis unit kendaraan Toyota Innova dan Fortuner sendiri dengan menggunakan mesin ini cenderung disukai.

Kelebihan – kelebihan mesin common rail diatas mungkin bisa dijadikan referensi dalam menggunakan unit Toyota Innova dan Fortuner dengan tipe mesin tersebut. Unit kendaraan mobil Innova dan Fortuner sendiri memang memiliki sejumlah kekurangan dengan mesin common rail. Dimana kekurangannya ini cenderung menimbulkan reaksi penolakan dari penggunanya namun masih banyak yang memilihnya.

Mesin common rail sendiri merupakan jenis mesin yang cukup sensitif. Saat menggunakan tipe mesin ini ada baiknya kamu selalu teratur mengajaknya ke tempat service untuk kegiatan service berkala. Bila melewatkan sesi untuk kegiatan perawatan, maka ada kemungkinan kendaraan akan memakan biaya perawatan yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan biaya untuk kegiatan perawatan unit kendaraannya sendiri cenderung tinggi bila bermasalah dan juga sering membutuhkan pergantian spare part kendaraan.

Beberapa kekurangan pada penggunaan mesin common rail sendiri terbilang sesuai dengan kualitas mesin. Kenyamanan penggunaan unit kendaraan karena menggunakan mesin common rail sendiri memang cukup mendukung preferensi penggunaan unit kendaraan yang menggunakan mesin tersebut. Mobil Innova dan Fortuner merupakan dua contoh unit kendaraan yang menggunakan tipe mesin common rail dalam kegiatan harian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *